Header Ads

OC Kaligis Ditahan, Situasi Gedung KPK Ricuh



JAKARTA, KOMPAS.com — Pengacara kawakan, Otto Cornelis Kaligis, akhirnya ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Setelah menjalani pemeriksaan sejak siang tadi, Kaligis keluar dari Gedung KPK, Selasa (14/7/2015) malam, dengan mengenakan rompi tahanan KPK.

Pantauan Kompas.com di Gedung KPK, Kaligis keluar dari Gedung KPK sekitar pukul 21.20 WIB. Kaligis tampak mengenakan kemeja putih dengan lapisan rompi oranye dan tak lagi mengenakan jas seperti tadi siang. Ia kemudian dibawa dengan mobil KPK. Informasi yang diperoleh wartawan, Kaligis akan ditahan di Rumah Tahanan Guntur, Jakarta Selatan.

Setelah Kaligis dibawa, sempat terjadi kericuhan di lobi Gedung KPK. Para jurnalis dan fotografer yang berusaha mendapatkan informasi ataupun foto Kaligis tampak berdesak-desakan dengan belasan pengacara yang mengawal Kaligis.

Kaligis ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan. Pemeriksaan itu dilakukan setelah KPK menjemput pengacara kawakan itu dari sebuah hotel di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Kaligis pernah dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap tersebut. Ia akan diperiksa bagi tersangka M Yagari Bhastara alias Gerry yang merupakan anak buahnya di kantor tersebut.

Gerry disangka menyerahkan uang kepada hakim PTUN. Menurut KPK, tidak mungkin uang tersebut milik Gerry. (Baca: KPK Sita 15.000 Dollar AS dan 5.000 Dollar Singapura dari Ruang Ketua PTUN Medan)

Namun, Kaligis tidak hadir memenuhi panggilan penyidik tersebut. 

No comments:

Powered by Blogger.