Header Ads

3 Jembatan Unik Dan Keren Tapi Menyeramkan di China


3 Jembatan di China berikut ini bisa bikin jantung copot. Pijakannya kaca tembus pandang dan hanya potongan-potongan kayu. Ngeri!

Banyak cara untuk menguji nyali dan adrenalin turis. Bukan melulu soal bentang alam yang ekstrem atau cerita horor, suatu jembatan bahkan bisa membuat jantung berdetak kencang. Disusun detikTravel, Selasa (12/4/2016) berikut 3 jembatan mengerikan yang ada di China:

1. Tianmen Skywalk

Jembatan di ketinggian 1.000 mdpl lebih! (Beautiful Places To See/Youtube)

Tianmen Skywalk berada di Zhangjiajie National Forest Park, China. Inilah jembatan kaca yang tak biasa, berupa pijakannya adalah kaca tembus pandang dan menempel di sisi tebing. Ketinggiannya tak main-main, 1.432 mdpl!

Panjang Tianmen Skywalk, mencapai 60 meter yang melingkari tebing Gunung Tianmen. Lebar jembatannya mencapai 3 meter dengan ketebalan kaca sebagai pijakannya mencapai 5 cm. Melihat ke bawah melalui pijakannya, terasa seperti melayang di udara saja.


Ngeri, sudah pasti. Beberapa turis yang mencoba, tak berani melangkah jauh-jauh dari dinding tebing. Walau panoramanya sungguh eksotis, dengan hamparan hutan dan pegunungan yang terlihat dari jembatannya, tetap saja yang takut ketinggian tak mau berlama-lama di jembatan kacanya. Kamu, berani ke sini?

2. Jembatan Kaca Pingjiang

Beralih ke Provinsi Hunan, dua tahun lalu diresmikan Jembatan Kaca Pingjiang. Jembatan ini berbeda dengan Tianmen Skywalk, karena tidak menempel ke tebing melainkan menggantung di antara dua bukit.

Tingginya pun kalah jauh, Jembatan Kaca Pingjiang hanya setinggi 180 meter saja. Tapi panjang jembatannya yang mampu membuat jantung deg-degan, karena membentang dengan panjang 300 meter!

Karena modelnya jembatan gantung, turis yang berjalan di atas jembatannya bakal merasakan ketakutan maksimal. Selain dapat melihat jelas ke bawah, angin yang berhembus kencang bakal membuat jembatannya mudah bergoyang!

Pemandangan di atas jembatan kaca tersebut adalah 180 derajat. Jadi, turis bisa jelas melihat perbukitan, hutan dan langit dengan jelas. Demi keamanan turis, disiapkan petugas khusus yang siap membantu. Kalau ada turis yang takut ketinggian dan tak kuat melangkahkan kaki lagi, mereka akan menjemput dan membimbingnya berjalan.

3. Jembatan Tali Xuan'en

Yang ini berbeda, jembatannya bukan jembatan kaca. Jembatan Tali Xuan'en adalah jembatan yang terbuat dari tali dengan pijakannya hanya kayu saja. Lokasinya di Desa Wujiatai, Xuan'en, Provinsi Hubei.

Jembatan Tali Xuan'en hanya berada di ketinggian 3 meter dari atas tanah dan membentang sepanjang 1 km di atas kebun teh. Jembatan tersebut tetap cukup mengerikan untuk diseberangi karena terdiri dari tali dan bagian bawahnya bolong. Hanya ada potongan-potongan kayu tak seberapa lebar untuk pijakan.


Walaupun terlihat sulit, apalagi bagi traveler yang takut ketinggian, banyak yang berminat menyeberangi jembatan ini. Mereka berpegangan erat dengan tali di kanan dan kirinya, sambil melangkah perlahan untuk menggapai kayu pijakan satu per satu. 

Mungkin, rasa ngeri ketika menyeberang bisa berkurang dengan menyaksikan keindahan kebun teh di sekitar. Pohon-pohon teh yang tumbuh subur di sini memang begitu indah dipandang mata. Apalagi ketika sudah selesai melewatinya, kita akan disuguhkan dengan teh kualitas terbaik. Mau coba menyebrangi jembatan ini?

No comments:

Powered by Blogger.