Header Ads

5 Penyebab Selalu Merasa Lapar


Sudah makan, tapi kemudian kembali merasa lapar. Barangkali Anda pernah atau sering mengalami hal itu. Rasanya tak bisa berhenti mengunyah dan ada dorongan kuat untuk mengintip isi kulkas.

Kepala Ahli Gizi di NutriCentre, Shona Wilkinson mengungkapkan lima alasan utama mengapa seseorang merasa selalu lapar.

1. Hamil

Tak dapat dipungkiri, napsu makan akan meningkat tajam ketika hamil. Kebutuhan kalori saat hamil akan meningkat, karena Anda juga memberi makan untuk janin yang dikandung.

Rasa lapar karena hamil tak perlu dilawan. Tetapi, pilihlah makanan yang sehat. Hindari banyak makan makanan olahan dan makanan yang terlalu manis. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda dan bayi dalam kandungan.

2. Terlalu banyak karbohidrat

Terlalu banyak makan yang tinggj karbohidrat, justru akan membuat Anda masih merasa lapar setelah makan atau pada hari berikutnya. Karbohidrat akan cepat diserap ke dalam tubuh sebagai gula.

Gula dalam darah kemudian dibantu hormon insulin untuk masuk ke sel-sel tubuh. Ketika semua gula dalam darah telah masuk ke sel-sel tubuh, Anda akan kembali merasa lapar dan ingin lebih banyak karbohidrat. Bahkan, bisa saja Anda akan terbangun pada malam hari untuk makan.

Agar hal ini tidak terjadi, hindari konsumsi karbohidrat olahan. Barangkali Anda bisa mendapat karbohidrat yang lebih sehat dari ubi jalar, beras merah atau quinoa. Kombinasikan dengan protein, seperti ikan atau ayam, banyak sayur-sayuran hijau.

Dengan begitu, karbohidrat akan lebih lambat diserap tubuh. Hal ini juga akan menjaga gula darah Anda tetap normal.

3. Kurang tidur

Bergadang semalaman sehingga kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar. Durasi tidur yang pendek, ternyata menurunkan kadar hormon leptin yang berfungsi untuk menghambat rasa lapar. Sementara itu hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar, meningkat.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan juga.

4. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih bisa membuat Anda merasa masih lapar. Air putih membantu sel-sel tubuh memanfaatkan nutrisi dari makanan yang kita makan. Dengan minum air yang cukup setelah makan, Anda akan merasa lebih kenyang dan mengelola napsu makan.

Rasa haus berlebihan terkadang juga menjadi tanda Anda merasa lapar. Menurut Shona, minumlah air di sela-sela makan dan setelah makan.

5. Menstruasi

Setiap bulan, wanita usia subur akan mengalami menstruasi atau haid. Penelitian menunjukkan, saat haid wanita akan memiliki napsu makan berlebih. Untuk itu, jangan lupa makan yang sehat agar kadar gula dalam darah seimbang.

Agar kenyang lebih lama, konsumsi lebih banyak protein setiap kali makan dan jangan terlalu banyak karbohidrat.

No comments:

Powered by Blogger.