Header Ads

6 Risiko Saat Wanita Mencoba-coba Produk Kecantikan


Jakarta - Produk kecantikan yang dirilis ke pasaran kini semakin beragam. Hal itu membuat para pecinta dunia kecantikan (beauty enthusiast) tertarik dan penasaran untuk mencoba produk makeup atau skincare teranyar. Namun sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakannya, salah-salah tubuh akan bereaksi jika produk kecantikan yang digunakan tidak cocok dengan Anda. Ini dia beberapa gejala yang terjadi :

1. Kulit Berminyak
Wajah berminyak adalah sesuatu hal yang normal bagi seseorang. Tetapi jika wajah Anda dulunya tidak berminyak, bisa saja kandungan di dalamnya berdampak pada kulit Anda.

"Jika kulit Anda berminyak lebih banyak dari biasanya, cobalah kurangi produk perawatan wajah yang dapat membuat kulit berminyak. Pilih serum dan krim bertekstur gel yang mengandung asam hyaluronat yang memberikan kelembapan tanpa kandungan minyak," jelas Heather lagi.

2. Wajah Perih
Kandungan di dalam produk kecantikan bisa menjadi terlalu 'kuat' untuk tipe kulit sensitif. Sehingga wajah terasa perih atau terbakar bisa saja terjadi.

"Apabila wajah Anda merasa terbakar dan perih, jangan diamkan saja. Segera bilas wajah Anda karena kulit Anda terlalu sensitif untuk produk yang digunakan," saran dermatologis Tsippora Shainhouse, MD.

3. Timbul Ruam
Ruam pada tubuh menjadi salah satu indikator dari reaksi alergi yang dikeluarkan tubuh ketika menggunakan produk kosmetik. Kandugan tertentu dalam makeup dan skincare bisa saja mengandung bahan yang dapat memicu alergi sehingga menyebabkan timbulnya ruam pada tubuh. 

"Ruam tubuh terjadi karena bahan pengawet dan wewangian yang ditemukan di dalam kandungan kosmetik. Sebaiknya lakukan tes alergi sehingga Anda tahu kandungan apa saja yang harus diwaspadai," ujar dermatologis Tsippora Shainhouse, MD seperti dikutip dari New Beauty.

4. Gatal-gatal
Sama seperti ruam tubuh, gatal-gatal menjadi tanda peringatan jika Anda menggunakan produk kecantikan yang kurang tepat. Gatal-gatal tersebut terjadi sebagai reaksi dari tubuh Anda terhadap kandungan yang ditemukan di dalam kosmetik. Gatal-gatal memang dapat menghilang dengan sendirinya, tetapi ada pula beberapa kondisi yang memungkinkan gatal-gatal terjadi lebih lama.

"Jika kulit Anda merah dan gatal-gatal, bisa saja itu reaksi alergi terhadap kandungan produk yang dipakai. Periksa apakah ada kandungan wewangian di dalam produk tersebut dan hindari penggunaannya," tutur ahli kulit yang berbasis di New York, Debra Jaliman, MD. 

5. Muncul Jerawat
Jerawat berukuran kecil yang kemerahan bisa muncul karena penggunaan produk yang kurang tepat. Tetapi untuk menentukan apakah produk yang digunakan merupakan sumber permasalahan pada wajah, sebaiknya berikan waktu untuk kulit agar bisa beradaptasi dengan produk terbaru yang Anda gunakan.

Heather Wilson, seorang pakar kecantikan menyarankan untuk mencoba produk baru selama dua atau tiga minggu agar kulit bisa menyesuaikan diri terhadap produk tersebut. Kemudia evaluasi setiap produk yang digunakan, apakah produk tersebut menyebabkan jerawat atau tidak.

6. Kulit Terasa Kencang
Kulit wajah terasa kencang bisa menjadi salah satu indikasi jika produk terbaru yang digunakan tidak cocok untuk kulit Anda. Misalnya saja, pembersih wajah yang tidak cocok dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang menyebabkan kulit dehidrasi, kering, dan iritasi. Untuk mengatasinya, gunakan produk yang memiliki keseimbangan pH untuk merawat kulit Anda.


No comments:

Powered by Blogger.