Header Ads

9 Tips Menurunkan Berat Badan untuk Anda yang Super Sibuk


KOMPAS.com - Kehidupan zaman sekarang memang luar biasa cepatnya. Setiap hari, hampir semua orang berpacu dengan waktu sehingga tidak ada cukup waktu untuk menjalankan program diet yang sudah ada di dalam pikiran.

Ambil napas dalam-dalam dan jangan khawatir, ikuti ide-ide penurunan berat badan yang simpel dan tidak memakan banyak waktu di bawah ini.

1. Bersihkan dapur Anda dari junk food
Semua makanan dan minuman yang sarat gula, makanan olahan seperti keripik dan kerupuk, makanan tinggi lemak trans. Singkirkan semua itu dari dapur dan kulkas Anda.

"Jika semua makanan dan minuman itu masih ada di dapur, saat lapar, Anda akan cenderung mengambil makanan atau minuman tidak sehat yang menggemukkan tersebut," jelas Alissa Rumsey, RD, ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and diet.

2. Tempatkan makanan sehat tepat sejajar mata
Setelah semua makanan 'sampah' dibuang, ganti dengan makanan rendah lemak rendah kalori yang menyehatkan. Tempatkan makanan-makanan itu di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat.

Makanan yang bisa Anda pilih, misalnya buah-buahan, salad, yogurt, tuna, dan quinoa-rendah lemak serta sereal gandum utuh.

3. Catat jadwal rutin olahraga Anda
Biasanya, sesuatu yang rutin dilakukan tidak dicatat dalam agenda atau pengatur skedul ponsel. Namun, khusus untuk jadwal latihan, perlakukanlah secara istimewa, seperti jadwal meeting dengan klien penting. Catat jadwal olahraga Anda di tempat biasanya Anda mencatat janji-janji superpenting.

Hal ini akan menimbulkan perasaan bahwa berolahraga adalah hal yang urgent yang harus dilakukan, sama seperti Anda harus melakukan presentasi di depan klien.

4. Siapkan dalam porsi besar
Yang dimaksud di sini adalah menyiapkan makanan sehat rendah kalori di awal hari dalam porsi besar sehingga bisa untuk makan siang dan malam. Cara ini akan sangat menghemat waktu Anda.

5. Jangan mengandalkan gula dan kafein
"Ketika kita sedang stres dan terimpit waktu, kita cenderung untuk beralih ke stimulan seperti kopi dan minuman manis untuk mendapatkan energi sepanjang hari," kata Rumsey.

Beberapa saat setelah minum kopi atau minuman manis, Anda akan merasa segar. Tapi secepat datangnya kesegaran, secepat itu juga energi hilang berganti dengan kelelahan dan nafsu makan yang meningkat.

6. Berteman dengan snack sehat setiap saat
Simpan camilan sehat rendah kalori dan gula di dalam tas dan laci kerja supaya Anda bisa segera menyantapnya ketika lapar. Ketersediaan snack sehat akan menghindarkan Anda dari keharusan menahan lapar yang akhirnya akan memicu nafsu makan berlebihan.

7. Belajar menyiapkan makanan yang praktis
Ini adalah strategi cerdas ketika Anda pulang malam dalam keadaan lelah. Ketimbang membeli makanan cepat saji berlemak, lebih baik belajar memasak makanan sehat yang praktis seperti tumis sayur, salad, atau sandwich sayur dan tuna.

8. Cari partner latihan
Punya teman untuk bersantai di kafe, itu penting. Begitu juga punya teman untuk berolahraga. Teman akan membuat Anda tetap bersemangat dan akan membuat Anda tetap ceria saat merasa bosan berolahraga.

9. Tempatkan peralatan olahraga di depan pintu rumah
Atau di dalam mobil, atau di meja kerja. Jika peralatan olahraga ada di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, Anda tidak akan melewatkan waktu latihan dengan alasan sepatu Anda hilang dan lain sebagainya.

Keberadaan mereka di depan mata, juga berfungsi sebagai pengingat bahwa latihan adalah bagian penting yang tak terpisahkan dalam upaya penurunan berat badan dengan cara yang sehat.

No comments:

Powered by Blogger.