Header Ads

Bosan Dengan Superhero Luar? Ini 9 Superhero/Antihero Lokal Indonesia


Akhir-akhir ini media dibanjiri dengan berita superhero dari luar. Dari sejak tahun lalu seperti Avengers, hingga awal tahun ini seperti Dead Pool dan yang terakhir Batman VS Superman, belum lagi berita film superhero yang akan tayang bulan ini dan nanti. Beberapa dari kita mungkin sampai bosan dengan berita sejenis. Karena itu sekarang kita coba tampilkan beberapa superhero/antihero yang pernah terkenal di Indonesia. Check this out..

1. Si Buta Dari Gua Hantu
Serial: Si Buta Dari Gua Hantu
Pengarang: Ganes TH

Si Buta Dari Gua Hantu bernama asli Barda Mandrawata. Dia adalah murid di sebuah padepokan silat bernama Elang Putih pimpinan Paksi Sakti Indrawatara. Suatu hari, padepokannya diserang pendekar buta berjulukan Si Mata Malaikat yang menewaskan seluruh isi padepokan termasuk guru, dan istrinya, Marni Dewianti. Demi membalas dendam, Barda berusaha mempelajari sebuah ilmu sakti dari sebuah gua yang angker. Sayang, hanya orang buta yang bisa menguasai ilmu tersebut. Barda memutuskan membutakan kedua matanya demi mempelajari ilmu tersebut dan sekaligus membalas kematian orang-orang terdekatnya pada Si Mata Malaikat. Sepanjang petualangannya mencari Si Mata Malaikat, Barda menggunakan ilmunya untuk membasmi kejahatan dan menolong orang-orang yang lemah. Dia pun dijuluki Si Buta dari Gua Hantu.

2. Wiro Sableng
Serial: Wiro Sableng
Pengarang: Bastian Tito


Wiro Sableng atau Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 punya nama asli Wiro Saksana. Sejak kecil Wiro sudah dilatih ilmu kesaktian oleh gurunya bernama Sinto Gendeng, seorang pendekar wanita tua yang sangat sakti namun agak kurang waras. Sinto mewariskan banyak jurus-jurus sakti andalannya seperti Jurus Kunyuk Melempar Buah, Jurus Pukulan Matahari, Ilmu Orang Gila, Pukulan Angin Puyuh dan lainnya. Wiro mempunyai senjata andalan yaitu Kapak Maut Naga Geni 212 yang mempunyai kekuatan sangat dahsyat. Karena mempunyai guru yang sinting, maka sikap Wiro juga menjadi seperti orang sinting sehingga oleh masyarakat dijuluki Wiro Sableng. Meskipun begitu, Wiro termasuk salah satu pendekar yang disegani yang selalu membasmi kejahatan.

3. Brama Kumbara
Serial: Saur Sepuh
Pengarang: Niki Kosasih


Brama Kumbara merupakan seorang pendekar sakti mandraguna yang tinggal di kerajaan Madangkara. Dia adalah putra dari Darmasalira, keturunan raja Madangkara yang terkudeta oleh kerajaan Guntala yaitu Prabu Astagina. Brama mendapat kesaktian karena digembleng langsung oleh Astagina, yang juga kakeknya. Beberapa ilmu kesaktian berhasil dikuasainya yaitu Ajian Bayu Bajra, Tapak Saketi, Tikki Ibeng, Malih Rupa dan ilmu pamungkas yang bernama Serat Jiwa. Dengan kesaktiannya itulah dan kharismanya di masyarakat Madangkara, Brama memimpin pemberontakan melawan kerajaan Guntala demi membebaskan Madangkara. Dibantu oleh beberapa kerajaan kecil di sekitar Madangkara, Brama berhasil membentuk pasukan besar yang disebut Dewangga dan berhasil menggulingkan kerajaan Guntala. Brama kemudian menjadi raja di Madangkara.

4. Jaka Sembung
Serial: Jaka Sembung
Pengarang: Djair Warni
Jaka Sembung berkisah saat Indonesia dijajah oleh Belanda. Jaka merupakan pendekar yang berani melawan kesewenang-wenangan Belanda sehingga menjadi pahlawan diantara masyarakat. Usaha Belanda menangkap Jaka selalu gagal karena Jaka memiliki ilmu beladiri yang sangat tinggi. Beberapa pendekar tangguh suruhan Belanda dapat dikalahkan Jaka. Akhirnya Belanda mengutus Ki Item, pendekar berilmu magis untuk menghadapi Jaka. Jaka berhasil dikalahkan dan dipenjara. Tapi Jaka berhasil lolos setelah dibantu oleh Maria, noni putri dari Van Shraam, seorang kolonel Belanda. Setelah berlatih keras pada seorang penyihir putih sekaligus mempelajari kelemahan Ki Item yang nyaris tidak bisa dibunuh karena mempunyai ilmu Rawa Rontek, Jaka akhirnya berhasil mengalahkan Ki Item dan membunuhnya.

5. Si Pitung
(legenda rakyat Betawi)
Si Pitung mempunyai nama asli Salihun, merupakan anak dari Bang Piung dan Mpok Pinah yang hidup di jaman penjajahan Belanda. Sejak kecil Salihun tinggal di pesantren milik Haji Naipin. Di pesantren itu Salihun mempelajari berbagai ilmu dan agama, termasuk beladiri. Beberapa tahun kemudian, Salihun kembali ke rumah dan sangat rajin membantu kedua orang tuanya. Suatu hari Salihun bertarung dengan sekelompok preman yang bermaksud merampok uangnya. Dengan ilmu beladirinya, preman-preman tersebut dengan mudah dikalahkan. Pemimpin preman tersebut mengajak Salihun bergabung, tetapi ditolak mentah-mentah. Akhirnya Salihun mengajak para preman merampok harta orang kaya dan membagikannya ke rakyat miskin. Bagi rakyat miskin Salihun adalah pahlawan dan kemudian menjulukinya Si Pitung yang berasal dari bahasa Sunda “pitulung” yang artinya penolong.

6. Mak Lampir
Serial: Misteri Dari Gunung Merapi
Pengarang: Niki Kosasih
Mak Lampir mempunyai nama asli Siti Lampir Maimunah. Siti bersama keluarganya hidup dalam kemiskinan dan selalu bepindah-pindah. Suatu hari dia bertemu dengan Nenek Srintil, pendekar wanita tua yang hidup menyendiri di lereng Gunung Merapi. Sitipun dilatih ilmu beladiri. Hebatnya Siti berhasil menguasai semua ajaran Nenek Srintil dengan cepat. Siti kemudian jatuh cinta dengan seorang pemuda misterius bernama Datuk Panglima Kumbang dan mereka menikah. Sayang Datuk tiba-tiba meninggalkan Siti. Merasa dikhianati, Siti patah hati dan perangainya berubah menjadi jahat. Wajahnya menua dengan cepat dan rambutnya memutih sehingga orang sekitar memanggilnya Mak Lampir. Siti kemudian memutuskan bertapa di sebuah gua, mempelajari ilmu hitam sehingga memperoleh kesaktian luar biasa tetapi sekaligus pembunuh berdarah dingin.

7. Arya Kamandanu
Serial: Tutur Tunular, Mahkota Mayangkara
Pengarang: S. Tidjab
Arya Kamandanu lahir di desa bernama Kurawan, putra dari Mpu Hanggareksa, seorang ahli pembuat pedang kerajaan Singasari. Kamandanu mempunyai kakak bernama Arya Dwipangga. Berbeda dengan Kamandanu yang menyukai ilmu beladiri, Dwipangga lebih suka mempelajari puisi dan syair. Kamandanu dilatih oleh teman ayahnya yang bernama Mpu Ranubaya. Dalam petualangannya, Kamandanu bertemu banyak musuh tangguh. Yang paling kuat adalah Tong Badjil, pendekar cebol kepercayaan Raja Singasari waktu itu, Prabu Jayakatwang. Bahkan Tong Badjil berhasil merebut pedang andalan Kamandanu warisan Mpu Ranubaya, Pedang Naga Puspa. Tong Badjil akhirnya berhasil dikalahkan setelah Kamandanu menguasai ilmu pamungkas Naga Puspa Kresna dan mendapatkan keris terkuat, Keris Mpu Gandring.

8. Prabu Anglingdarma
(legenda dari Jawa)
Prabu Anglingdarma adalah raja dari kerajaan Malawapati. Anglingdarma sangat gemar berburu. Dia mempunyai permaisuri yang cantik bernama Setyawati. Kehidupannya berubah ketika suatu hari Setawati minta diajarkan ilmu Aji Gineng, yang bisa mengerti bahasa binatang. Tetapi Anglindharma menolak karena ilmu tersebut mempunyai pantangan yaitu tidak boleh diceritakan pada orang lain. Dan jika mewariskan, sang pewaris akan tewas. Karena marah, Setyawati memilih bunuh diri dengan cara pati obong (bakar diri). Merasa bersalah dengan kematian istrinya, Anglindharma memutuskan mengembara sekaligus menebus dosa. Sebagai seorang raja, Anglindharma sangat sakti. Selain mempunyai ilmu kanuragan yang tinggi, dia juga kebal senjata tajam dan punya ilmu sakti lainnya. Seperti Aji Gineng yang menjadi biang ribut dengan istrinya dan ilmu mengubah wujud menjadi bentuk apapun.


9. Panji Tengkorak
Serial: Panji Tengkorak
Pengarang: Hans Jaladara
Panji adalah seorang pendekar murid dari Nagamas, seorang pendekar terkenal dari dunia hitam. Hidupnya berubah kala istrinya, Murni dibunuh oleh seorang pendekar misterius yang berniat merebut buku rahasia ilmu milik gurunya. Panji mengembara mencari pendekar tersebut sekaligus menuntut balas kematian istrinya. Dalam pengembaraannya, Panji selalu mengenakan topeng tengkorak dan berpakaian pengemis sehingga dia dijuluki Panji Tengkorak. Meskipun menguasai ilmu hitam, Panji adalah orang yang baik dan selalu menolong orang yang lemah. Sepanjang jalan, Panji selalu banyak bertemu gadis cantik dan kebanyakan para gadis tersebut jatuh cinta padanya karena wajah Panji yang tampan. Tetapi tidak ada seorang gadispun yang menarik baginya karena cintanya Cuma pada Murni, mendiang istrinya. Tapi segalanya berubah kala Panji bertemu dengan Mariani, gadis yang sangat mirip Murni.

Tentu masih banyak lagi superhero/antihero lokal Indonesia selain yang disebut di atas. Saya kira ada puluhan bahkan ratusan. Bagi yang mau menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar.
Salam


No comments:

Powered by Blogger.