Header Ads

Jangan Mau Jadi Orang Rata-Rata


Bagaimana cara agar hidup penuh petualangan, berlimpah prestasi, dan meninggalkan jejak sejarah? Salah satu mindset yang menurut saya harus ditanamkan dalam benak kita adalah dengan tidak mau jadi orang rata-rata.Orang rata-rata adalah orang yang mudah merasa puas asalkan dia bisa hidup mengikuti alur hidup sebagaimana orang disekelilingnya. Ketika sekolah atau kuliah, asal dapat lulus ujian, asal dapat ijazah, asal dia aman dalam nilai ujian akhir, ia sudah puas bukan main.

Ia tak punya target hidup yang lebih tinggi dari kondisi standar orang-orang di sekitarnya. Ia mencukupkan diri pada kondisi dimana ia bisa bertahan dalam hidup secara normal tanpa ada upaya lebih untuk meraih prestasi yang jauh lebih hebat dari orang di sekelilingnya.

1. Takut Jadi Yang Pertama
Ia tidak punya keberanian untuk memulai yang pertama dalam lingkungan atau komunitasnya. Ia lebih memilih menjadi yang terakhir atau pelopor. Tidak mempunyai keberanian untuk menjadi yang pertama kali mencetuskan atau ber-action dalam hal apapun.

2. Enggan Jadi Yang Terbaik
Apakah orang rata-rata tidak mau jadi yang terbaik? Oh, jangan salah. Hampir setiap orang punya keinginan untuk jadi yang terbaik. Hanya saja yang membedakan orang rata-rata dengan orang diatas rata-rata adalah keseriusan dalam memperjuangkannya. Ia ingin, tapi tidak mau menghadapi susahnya berproses. Ia mau jadi orang besar, tapi tidak punya kesabaran menghadapi tantangan yang harus dia lalui menuju prestasi tersebut.

3. Takut Diberi Tanggung Jawab
Orang rata-rata lebih memilih tanggung jawab ringan ketimbang memikul tanggung jawab besar. Karena baginya, dengan tanggung jawab yang ringan ia tak perlu mengucurkan keringat lebih banyak, tak perlu menguras energi lebih besar. Padahal orang di atas rata-rata memiliki pola pikir, dengan tanggung jawab yang besar.

4. Ingin Hidupnya Selalu Santai
Zona aman, nyaman, dan tak punya banyak beban. Itulah yang diidamkan oleh orang rata-rata. Sangat berbeda dengan orang yang mindsetnya tak mau jadi orang rata-rata. Jadi jangan terlalu bersantai-santai walau itu sejenak.

5. Tidak Punya Target Hidup Yang Tinggi
Orang rata-rata hidupnya mengalir seperti air. Padahal tahulah kita bagaimana air mengalir. Bukankah air hanya akan mengalir ke tempat yang lebih rendah? Maka demikianlah orang yang hidupnya mengalir saja tanpa punya target hidup dimasa depannya, kualitas hidupnya pasti akan menurun. Orang rata-rata punya target hidup yang tinggi. Tingginya target hidup itulah yang membuat harinya penuh dengan tantangan dan petualangan.

Artikel ini merupakan tulisan teman yang dikutip dari salah satu forum. Penulis mengutip dari buku "Jangan Mau Jadi Orang Rata-Rata" yang ditulis oleh Ahmad Rifa'i Rif'an.

No comments:

Powered by Blogger.