Header Ads

Rio Haryanto Finis Urutan 17, Nico Rosberg Juara

Rosberg Juara, Rio Finis di Urutan 17

Sakhir - Nico Rosberg tampil sebagai juara GP Bahrain. Sementara itu, pebalap Indonesia, Rio Haryanto, finis di urutan ke-17.

Bago Rosberg, ini merupakan lanjutan catatan apik dari GP Australia. Pada GP pembuka musim ini tersebut, Rosberg sukses tampil sebagai juara juga.

Rekan satu tim Rosberg di Mercedes, Lewis Hamilton, finis di urutan ketiga. Sedangkan pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, finis di urutan kedua.

Pada balapan malam yang berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (3/4/2016) malam WIB, Nico Rosberg tampil dominan. Sepanjang balapan, posisinya di pos terdepan tidak terganggu gugat.

Balapannya sendiri diawali oleh cerita tidak enak untuk Sebastian Vettel. Pebalap Ferrari asal Jerman itu mengalami masalah pada mobilnya ketika melakukan warm-up lap. Tiba-tiba saja, mobilnya mengeluarkan asap dan Vettel pun terpaksa mengakhiri hari lebih cepat, bahkan sebelum balapan dimulai.

Pebalap Renault, Jolyon Palmer, juga mengalami nasib serupa. Selepas melakoni warm-up lap, Palmer masuk ke dalam garasi dan setelahnya tidak keluar lagi. Ia juga mengakhiri balapan sebelum start.

Drama tidak berhenti sampai di situ. Selepas start, giliran Lewis Hamilton yang mengalami nasib naas.

Hamilton, yang start dari urutan terdepan, harus bertarung ketat dengan Rosberg begitu start dilakukan. Begitu melahap tikungan pertama, mobilnya bersenggolan dengan mobil Valtteri Bottas. Imbasnya, posisi Hamilton melorot ke urutan kesembilan.

Perlahan tapi pasti, Hamilton berhasil memperbaiki posisinya. Mula-mula, dengan cepat ia naik ke urutan kedelapan. Lalu, sebelum lap kesepuluh, juara dunia musim lalu itu sudah berada di urutan ketiga.

Sementara itu, akibat insidennya dengan Hamilton, Bottas mendapatkan hukuman drive-through penalty dari steward. Posisinya yang sempat berada di lima besar pun melorot ke urutan ke-15.

Hamilton, yang berada di urutan ketiga, berusaha memburu Kimi Raikkonen yang ada di urutan kedua. Kecepatan keduanya terbilang oke. Namun, mereka masih kesulitan untuk mengejar Rosberg --yang, menurut catatan Autosport, kerap lebih cepat 0,6 hingga 0,8 detik per lap.

Rosberg dengan impresif terus menjaga jarak dengan Raikkonen dan Hamilton. Sekitar lap ke-10, ia mampu mengungguli Raikkonen hingga 13,4 detik.

Performa apik juga ditunjukkan oleh Romain Grosjean. Didukung oleh mesin mobil Haas-nya, Grosjean terus memacu mobilnya untuk bisa finis di lima besar. Sebelumnya, pada GP Australia, Grosjean juga tampil bagus sampai akhirnya finis di urutan ke-6.

Sedangkan pembalap Indonesia, Rio Haryanto, berjuang dengan keras untuk bisa keluar dari barisan belakang. Selepas start dari urutan ke-20, ia melesat dan sempat duduk di urutan ke-17.

Seiring jalannya balapan, Rio terus memperbaiki posisinya dan naik ke urutan ke-14. Namun, pada akhirnya posisi Rio melorot ke urutan ke-17.

Rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, sempat naik ke urutan ke-14 pada lap ke-48. Sementara, Rio masih berkutat dengan ban supersoft (merah) yang baru dikenakan mobilnya selepas pit.

Rio pada akhirnya finis di urutan ke-17, sementara Wehrlein finis di urutan ke-13.

Daniel Ricciardo dan Grosjean akhirnya finis di urutan keempat dan kelima. Bagi Grosjean, ini adalah hasil yang bagus dan peningkatan dari seri sebelumnya.

Bendera Merah Putih Akhirnya Tertera di F1
Sakhir, Otomania - Bendera nasional Indonesia, Merah Putih, akhirnya menempel pada profil pebalap Manor Racing, Rio Haryanto. Merah Putih tertera pada profil Rio yang ditayangkan sebelum balapan, Minggu (3/4/2016).

Merah Putih sempat menjadi sorotan di seri pembuka F1, GP Australia dua pekan lalu. Ketika itu kolom bendera pada profil Rio terlihat kosong. Kejadian ini menjadi bahasan netizen di Indonesia dan mendapat tanggapan langsung dari Fox Sport Indonesia.

Berdasarkan hasil kualifikasi, Rio berada di posisi 21 tapi berada di grid 20 karena pemegang posisi 19 Kevin Magnussen, harus memulai balapan dari pit stop.

Sampai berita ini diturunkan, Rio masih bertarung ketat di Sirkuit Sakhir, dan sempat lolos dari insiden yang terjadi di lap pertama. Rio terlibat pertarungan ketat dengan pebalap asal Brasil, Felipe Nasr dari tim Sauber-Ferrari di posisi belakang.

#Topik Populer Hari Ini


No comments:

Powered by Blogger.