Header Ads

Trik Agar Tetap Bisa Beraktivitas Setelah Tak Tidur Semalaman


Jakarta - Tidur merupakan kebutuhan namun kerapkali disepelekan. Apalagi ketika dihadapkan pada hal-hal seperti tugas kuliah, pekerjaan ataupun bayi yang baru lahir. Begadang menjadi tak terelakkan.

Padahal bila hal ini dibiarkan terus-menerus, seseorang akan sulit berfungsi seperti biasanya, dan gejala awalnya adalah kelelahan. Lalu apa yang bisa dilakukan agar dapat beraktivitas setelah begadang?

1. Gosok wajah
Sebuah penelitian yang dipublikasikan British Medical Journal menunjukkan, selepas begadang, seseorang akan terlihat kurang sehat dan tidak begitu segar. "Harusnya racun di tubuh dilepaskan di malam hari, saat tidur, tapi karena kesempatan untuk tidur hilang, maka kulit menjadi lesu," jelas Lesley Corridan dari International Dermal Institute.

Solusinya adalah melakukan exfoliation atau prosedur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Cara ini akan memberikan asupan oksigen berikut nutrisi penting lainnya ke kulit.

2. Lari
Bilas wajah Anda dengan air dingin, kemudian lakukan jogging selama lima menit. Menurut William Kohler, MD dari Florida Sleep Institute, olahraga membantu melepaskan adrenaline ke tubuh, sehingga membuatnya terjaga kembali.

3. Menatap langit
Di hari cerah, coba arahkan mata Anda ke langit. Peneliti tidur Bert Jacobson, PhD, mengatakan warna biru pada langit cerah dapat memicu fotoreseptor di mata agar memberikan reaksi biokimia tertentu. "Reaksi kimia inilah yang akan menurunkan produksi hormon pemicu tidur yaitu melatonin sehingga rasa kantuk akan hilang," terangnya.

Namun Jacobson mengingatkan, lakukan ketiga hal di atas seperlunya saja atau jangan terlalu lama. Menatap langit terlalu lama, jogging lebih dari lima menit atau makan banyak hanya akan membuat seseorang merasakan kantuk lagi.

4. Tidur siang
Trik ini diperlukan untuk memberikan jeda atau jam istirahat bagi otak. Anda bisa menggunakan jam istirahat siang untuk melakukannya. Carilah tempat yang tenang dengan kursi yang nyaman dan tidurlah selama 15 menit.

Setelah bangun, minumlah segelas kopi. "Kafein dan tidur siang merupakan kombinasi yang sangat efektif untuk membuat Anda benar-benar segar kembali," saran Jim Horne, direktur Sleep Research Center, Loughborough University.

No comments:

Powered by Blogger.