Header Ads

10 Maskapai Paling Aman di Dunia, Indonesia Tidak Masuk


PopTopik.com -Situs AirlineRatings.com kembali mengeluarkan data terbaru mengenai maskapai penerbangan dunia. Kali ini, situs tersebut merilis 20 maskapai paling aman di dunia dari 407 operator seluruh dunia.

Sepanjang 2015, maskapai penerbangan dunia telah mengangkut setidaknya 3,6 miliar penumpang dengan 34 juta frekuensi penerbangan.

Dalam mengolah data penerbangan paling aman di dunia ini, AirlineRatings.com mengkompilasi kegiatan maskapai dengan aturan regulator internasional, rekor kematian selama 10 tahun terakhir, serta hasil audit Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Hasilnya, dalam daftar ini sama sekali tidak ada maskapai dari Indonesia. Berikut 10 dari 20 maskapai paling aman dunia versi AirlineRatings.com seperti dikutip dari Business Insider di Jakarta, Selasa (30/5).

1. Qantas
Menurut situs AirlineRatings.com, maskapai paling aman di dunia adalah Qantas dari Australia. Qantas berada diurutan paling atas dengan catatan keselamatan yang tinggi. Maskapai yang sudah berusia 93 tahun ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal sejak 1951.

2. Virgin Atlantic
Peringkat dua maskapai paling aman dunia adalah Virgin Atlantic dari Inggris. Sejak 2012, 49 persen saham perusahaan dikendalikan oleh Delta Air Lines. Virgin Atlantic tidak pernah mengalami kecelakaan parah dalam sejarahnya.

3. United Airlines 
Maskapai paling aman peringkat 3 dunia adalah United Airlines dari Chicago. Sejak 2012, maskapai ini telah bergabung menjadi United and Continental Airlines. Maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan yang tidak berkaitan dengan teroris selama 20 tahun ke belakang.

4. Swiss International Airlines 
Di peringkat 4 diduduki oleh Swiss International Airlines yang dibentuk pada 2002 dari sisa dana bangkrutnya Swissair. Pada 2007, maskapai ini menjadi bagian dari maskapai Jerman, Lufthansa Group. Swiss International Airlines tercatat belum pernah mengalami kecelakaan yang menelan korban jiwa dalam sejarahnya.

5. Scandinavian Airlines
 
Didirikan sejak 1946, Scandinavian Airlines atau SAS menduduki peringkat 5 maskapai paling aman dunia. Maskapai ini menjadi penerbangan nasional Denmark, Norwegia, dan Swedia. Maskapai ini terakhir kali mengalami kecelakaan pada 2001 silam.

6. KLM 
Peringkat 6 maskapai paling aman di dunia adalah KLM. Didirikan pada 1920, KLM menjadi industri penerbangan terbesar dan tertua di dunia. Meskipun KLM dan Air France telah bergabung pada 2004 silam, dua penerbangan tersebut beroperasi di bawah merek yang terpisah. KLM belum pernah mengalami kecelakaan yang menelan korban jiwa hampir selama 40 tahun.

7. Japan Airlines 
Peringkat 7 maskapai paling aman di dunia adalah Japan Airlines. Maskapai penerbangan nasional Jepang ini sudah beroperasi lebih dari 60 tahun dan belum pernah mengalami kecelakaan parah dalam 30 tahun terakhir.

8. Hawaiian Airlines 
Selanjutnya adalah Hawaiian Airlines dari Honolulu menjadi maskapai paling aman nomor 8 dunia. Didirikan pada 1929, maskapai ini jadi salah satu yang terbaik di Amerika Serikat. Hawaii saat ini mempunyai lebih dari 50 pesawat badan lebar dan tidak pernah mengalami kecelakaan fatal.

9. US Airways 
Peringkat 9 maskapai paling aman dunia adalah US Airways atau sekarang lebih dikenal dengan American Airlines. Maskapai ini memiliki lebih dari 900 jet. Maskapai yang berbasis di Forth Worth ini tercatat belum pernah mengalami insiden fatal yang tidak terkait dengan terorisme sejak 2000.

10. Virgin Australia 
Selanjutnya, Virgin Australia menjadi maskapai paling aman dunia peringkat 10. Maskapai dari Australia ini didirikan pada 1999 sebagai penerbangan LCC yang disebut Virgin Blue. Kemudian pada 2011, perusahaan beralih menjadi Virgin Australia dengan layanan full service. Maskapai ini tercatat belum pernah mengalami kecelakaan parah dalam sejarahnya.

No comments:

Powered by Blogger.