Header Ads

7 Pelatih Ini Sukses Meraih Juara Liga Champion Saat Menjadi Pemain Dan Sebagai Pelatih

 

1. Zinedine Zidane

PopTopik.com - Secara dramatis Real Madrid berhasil memastikan gelar Liga Champions yang ke-11 kalinya, usai mengalahkan musuh sekotanya, Atletico Madrid.

Kesuksesan El Real tentu tidak lepas dari peran sang pelatih, Zinedine Zidane. Ramuan taktiknya terbukti jitu untuk meredam Atletico yang digadang-gadang bakal menjuarai turnamen tersebut.

Keberhasilan Zidane juga menambah catatan tersendiri. Sebab, pria berdarah Aljazair tersebut menjadi orang ketujuh yang sukses meraih trofi Champions baik saat menjadi pemain dan pelatih.

Selain Zidane ada beberapa nama yang telah lebih sukses lebih dulu juara Liga Champions saat jadi pelatih dan pemain. Siapa saja mereka?

Milan mampu meraih gelar Liga Champions pada tahun 2003 dan 2007, di mana keduanya adalah Ancelotti sebagai pelatih.

Begitu pula kala menangani raksasa Spanyol, Real Madrid. Ancelotti sukses membawa Madrid juara Champions untuk ke-10 kali alias La Decima, di musim 2013/2014.

2. Frank Rijkaard

 

Legenda Belanda ini juga menjadi salah satu yang tersukses meraih Liga Champions saat menjadi pemain dan pelatih. Sama seperti Ancelotti, Frank Rijkaard berhasil meraih Champions kala membela AC Milan di musim 1988/1989 dan 1989/1990. Selain itu dirinya juga pernah meraih gelar bergengsi tersebut saat membela Ajax Amsterdam di tahun 1995.

Ketika menjadi pelatih, Rijkaard juga tak kalah sukses. Dia pernah sekali merasakan gelar Liga Champions bersama Barcelona di tahun 2006. Saat itu di final Barcelona mengalahkan Arsenal dengan skor tipis 2-1.

3. Pep Guardiola

 
Kesuksesan Pep Guardiola meraih gelar Liga Champions ternyata tidak hanya bersama Barcelona saja. Pep juga pernah meraih gelar Liga Champions kala dirinya masih berstatus sebagai pemain di klub yang sama.

Kala itu, pada musim 1991/1992, Guardiola menjadi bagian dalam skuat Barca saat mengalahkan Sampdoria di final dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang tersebut tercipta lewat kaki Ronald Koeman di menit 112'.

4. Johan Cruyff 

 

Johan Cruyff menjadi bagian yang turut serta ikut mengantarkan klub Belanda, Ajax Amsterdam, dalam meraih tiga kali Piala Eropa secara berturut-turut, sebelum menjadi manajer Barcelona dan merebut Piala Eropa tahun 1992.

Tidak hanya gelar yang diraihnya, namun cara bermain serta kecerdasannya saat bermain menjadi inspirasi banyak pelatih dan juga pemain. Cruyff belum lama ini atau tepat pada 24 Maret kemarin dirinya harus menghembuskan napas terakhirnya, akibat kanker paru-paru yang dideritanya.
 
5 .Giovanni Trapattoni

 
Jauh sebelum sepakbola lebih modern seperti ini, Giovani Trapattoni sudah pernah meraih gelar, yang dulunya bernama European Cup, bersama AC Milan di tahun 1963 dan 1969.

Ketika menjadi pelatih, Trapattoni baru bisa meraih gelar Champions-nya saat melatih Juventus, atau 14 tahun kemudian setelah pertama kali dirinya memutuskan berkarier sebagai pelatih.

6. Miguel Munoz

 

Nama terakhir datang dari Spanyol. Miguel Munoz pernah merasakan gelar Liga Champions tiga kali berturut-turut saat masih menjadi pemain Real Madrid di tahun 1956, `1957, dan 1958. Kemudian ketika menjadi pelatih Madrid, dirinya juga mampu membawa pulang trofi Kuping Besar ke Santiago Bernabeu pada tahun 1960 dan 1966.

7. Carlo Ancelotti

 
Don Carlo, julukan Carlo Ancelotti, adalah seorang yang paling sukses meraih gelar Liga Champions. Gelar pertamanya adalah ketika dirinya membela AC Milan di tahun 1989 dan 1990.

Kemudian ketika pria yang besar di Reggiolo, Italia, ini menjadi pelatih, dia menularkan kesuksesannya tersebut ke tim yang dilatihnya, AC Milan. (merdeka)

No comments:

Powered by Blogger.