Header Ads

Beredar 16 Nama Terpidana Eksekusi Mati Tahap III Tahun 2016


Sebanyak 16 nama beredar secara berantai di jejaring sosial untuk eksekusi mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sejauh ini, belum ada kepastian atas 16 nama itu. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah juga enggan memastikan.

"Sejauh ini jujur saja kami belum menerima informasi adanya siapa-siapa saja yang akan dieksekusi," kata Humas Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan Teknologi informasi Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jawa Tengah Bernardo Da Cruz, Jumat 13 Mei 2016.

Dalam daftar nama yang beredar, sembilan nama merupakan warga asing, sementara sisanya warga negara Indonesia. Salah satu nama yang cukup populer adalah Freddy Budiman. Sementara untuk warga asing, tidak terlihat nama Mary Jane Fiesta Veloso asal Filipina dan Serge Areski Atloui asal Prancis, yang lolos saat eksekusi mati tahap dua tahun 2015.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi A Liliek Darmanto pun tak membantah dan membenarkan daftar nama itu. Ia hanya melimpahkan bahwa itu adalah kewenangan dari Kejaksaan Agung. "Tolong tanyakan ke Jaksa Agung (HM Prasetyo) saja. Kami tak berwenang menyebutkan nama tersebut. Komando ada pada mereka," katanya.

Berikut daftar nama yang kini beredar dan dianggap sebagai terpidana untuk eksekusi mati pada tahun ini.

1. Ozias Sibanda (Zimbabwe)
2. Obina Nwajagu (Nigeria)
3. Fredderikk Luttar (Zimbabwe)
4. Humprey Ejike (Nigeria)
5. Seck Osmane (Afrika Selatan)
6. Zhu Xu Xhiong (China)
7. Cheng Hong Xin (China)
8. Gang Chung Yi (China)
9. Jian Yu Xin (China)
10. A Yam (indonesia)
11. Jun Hao alias A Heng (Indonesia)
12. Freddy Budiman (Indonesia)
13. Zulfikar Ali (Indonesia)
14. Suryanto (Indonesia)
15. Agus Hadi (Indonesia)
16. Pujo Lestari (Indonesia) 
(viva)

No comments:

Powered by Blogger.