Header Ads

Jadwal Final Liga Champion 2016 dan Fakta-fakta Menarik Final Liga Champion 2016

 
PopTopik.com, Madrid - Atletico Madrid dan Real Madrid sudah memastikan diri melangkah ke partai final Liga Champions musim ini. Atletico lolos setelah melewati hadangan Bayern Muenchen, sementara Madrid mengalahkan Manchester City.

Tentu saja partai ini seperti mengulang final Liga Champions dua tahun silam. Ketika itu, Madrid berhasil mewujudkan gelar La Decima, atau trofi kesepuluh Liga Champions setelah mengalahkan Atletico dengan skor 4-1.

Atletico berhasil memastikan tiket final Liga Champions setelah menyingkirkan Bayern Muenchen. Meski kalah 1-2 di Allianz Arena, Rabu (4/5/2016) dinihari WIB, Atletico berhak tampil di San Siro setelah unggul gol tandang dengan agregat 2-2.

Sementara Madrid menyingkirkan Manchester City. Gol tunggal Gareth Bale di Santiago Bernabeu, dinihari WIB tadi, membuat tim besutan Zinedine Zidane itu mempunyai kesempatan meraih gelar La Undecima, gelar ke-11 Liga Champions.

Mau tahu fakta menarik soal derby Madrid di Final Liga Champions musim ini?

Berikut Fakta Derby Madrid di Final Liga Champions 2015/2016 yang kita rangkum dari berbagai sumber.

1. Jadwal Laga Final Liga Champions 2015/2016 musim ini akan digelar hanya dalam tiga setengah pekan ke depan. Laga Final Liga Champions 2015/2016 akan digelar pada Minggu 29 Mei dini hari 01:45 WIB.

Kick-off All-Spanish final yang diselenggarakan pada 20:45 CEST (19:45 BST) atau pada 01:45 WIB, adalah pertandingan final ke-61 ajang paling bergengsi di Eropa yang dibesut oleh UEFA dan yang ke-24 sejak turnamen berubah nama menjadi Liga Champions.

2. Stadion San Siro atau Stadio Giuseppe Meazza, akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan puncak Liga Champions 2016 setelah dipilih oleh UEFA pada September 2014 silam.

Stadion ini telah menjadi penyelenggara tiga partai final Piala Eropa sebelumnya, pada 1965, 1970 dan 2001, meski ini adalah pertama kalinya klub tuan rumah, Internazionale dan AC Milan, gagal lolos ke Liga Champions ketika final digelar di markas mereka.

Stadion ini memiliki kapasitas maksimal sebanyak 80.018, jumlah itu sedikit direduksi khusus untuk kompetisi UEFA. Dan tiket final tahun ini sudah sold out.

3. Spanyol menjadi negara paling dominan mengirimkan wakilnya ke final Liga Champions. Terhitung, Wakil Spanyol telah 25 kali langganan masuk final Champions sejak pertama kali digelar 1955 / 1956 silam.

4. Madrid menjadi wakil Spanyol yang paling sering masuk ke final Liga Champions. Total, Los Blancos berhasil menembus final sebanyak 13 kali (14 dengan final musim ini), 10 diantaranya menjadi juara dan tiga kali menjadi runner-up.

5. Barcelona menjadi wakil Spanyol kedua yang sering mentas di final Liga Champions. Azulgrana tercatat delapan kali masuk final dengan torehan lima kali menang dan tiga kali runner-up.

6. Atletico Madrid terhitung baru dua kali melaju ke final (musim ini final ketiga Atletico) dan selalu menjadi runner-up. Rekor tersebut sama dengan torehan Valencia yang juga selalu menjadi runner-up di dua laga final mereka.

7. Dua laga final sebelumnya, Atletico pun selalu mengalami kekalahan. Los Rojiblancos keok 4-0 oleh Bayern Muenchen di final musim 1973/74. Terakhir, Atletico menyerah 4-1 dari Real Madrid pada final musim 2013/2014 lalu lewat perpanjangan waktu.

8. Derbi Spanyol di final Liga Champions musim ini akan menjadi edisi ketiga kalinya. Derbi Spanyol di final Liga Champions pertama kali terjadi musim 1999 -- 2000, di mana Real Madrid keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Valencia 3-0. Selanjutnya, Madrid kembali masuk final bertemu Atletico musim 2013/2014 dan menang dengan skor 4-1 lewat perpanjangan waktu.
 
9. Duel Real Madrid kontra Atletico Madrid menjadi partai ketiga di Final Liga Champions yang main sebanyak dua kali. Sebelumnya ada Liverpool vs AC Milan dan Barcelona vs Manchester United.

10. Real Madrid sudah mencatatkan 10 clean sheets di Liga Champions musim ini. Mereka menyamai pencapaian yang pernah diciptakan Arsenal di Liga Champions musim 2005/06.

11. Tiga dari empat pertandingan final Liga Champions, Real Madrid melawan tim yang berasal dari Spanyol, yakni Atletico Madrid (2015/16, 2013/14) dan Valencia (1999/2000).

12. Cristiano Ronaldo telah bermain di babak semifinal Liga Champions sebanyak 17 kali, sama seperti gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso.

13. Semua tim asal Madrid, menjadi kesebelasan yang paling banyak tampil di final Liga Champions ketimbang kota lain seperti Milan (16 kali). Tim asal Madrid sudah 17 kali. (Real Madrid 14 kali, Atletico Madrid 3 kali).

14. Pada Liga Champions musim ini, kiper Madrid, Keylor Navas telah mencatatkan 10 clean sheets dari 11 penampilan.

15. Ini adalah final Liga Champions ketiga dalam sejarah Atletico Madrid. Sebelumnya, tim asal Spanyol ini merasakan final pada tahun 1974 dan 2014.

16. Atletico Madrid di bawah asuhan Diego Simeone berhasil melaju ke final Liga Champions sebanyak dua kali. Final pertama terjadi pada musim 2013-2014, namun mereka kalah dari Real Madrid di laga tersebut.

17. Kiper Atletico, Jan Oblak, terpilih jadi pemain terbaik di leg kedua semifinal Liga Champions ini. Dia menorehkan tujuh penyelamatan, salah satu di antaranya menepis tendangan penalti dari Thomas Mueller.

18. Oblak tercatat sukses menggagalkan dua dari tiga tendangan penalti terakhir lawan ke gawang Atletico.

19. Lolosnya Atletico ke final, kian membuat Spanyol mendominasi Liga Champions. S

20. Gagalnya Bayern mencetak tiga gol di laga ini, membuat Atletico sebagai tim dengan barisan pertahanan terbaik di Eropa. Catatan Squawka menunjukkan bahwa Atletico belum pernah kebobolan tiga gol pada satu pertandingan tandang mereka pada musim ini.

21. Antoine Griezmann menobatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak bagi Atletico Madrid di Liga Champions, yakni sembilan gol. Secara keseluruhan, Griezmann sudah mencetak 31 gol di semua kompetisi untuk Los Rojiblancos.

No comments:

Powered by Blogger.