Header Ads

KALARIPAYATTU : Induk Dari Semua Seni Beladiri

 

Karena lebih banyak menonton film kungfu dan membaca buku cerita silat Kho Ping Ho orang umumnya menyangka seni beladiri tertua adalah dari biara Shaolin di Tiongkok. Tanpa sengaja ane ketemu video di Youtube mengenai bule yang menelusuri sejarah seni beladiri dan akhirnya bule-bule. itu menyimpulkan bahwa induknya semua adalah Kalaripayattu dari India di negara bagian Kerala.

Di Amerika, Australia dan Eropa sudah ada perguruan Kalaripayattu ini walaupun belum sepopuler karate, yudo, taekwondo, kungfu dsb.

Keberadaan seni bela diri di India selama lebih dari 3000 tahun dapat dibuktikan dengan penyebutan seni bela diri dalam Weda. Menurut cerita rakyat kuno, Parasurama yang merupakan penjelmaan Dewa Wisnu diyakini pendiri seni bela diri di India. KItab Weda adalah satu-satunya kitab suci agama yang berisi bahasan seni bela-diri

Kalaripayattu, yang paling populer di antara banyak seni bela diri yang dipraktekkan di India, diyakini telah didirikan oleh Parasurama. Kalaripayattu mungkin adalah bentuk tertua dari seni bela diri di India. Selama puncak popularitasnya, Kalaripayattu digunakan sebagai tehnik pertempuran oleh dinasti India Selatan. Kalaripayattu mencapai puncaknya selama seratus tahun perang antara Chola, Pandya dan Cheras. Pertempuran konstan antara negara-negara membantu para pendekar dalam menyempurnakan bentuk seni bela diri itu.

Kalaripayattu berarti berlatih seni medan perang. Kalari berarti medan perang, payatt berarti seni Kalaripayattu kadang-kadang di singkat disebut sebagai Kalari. Sekarang ini lebih umum di negara bagian India selatan Kerala. Seni ini dikatakan telah memiliki asal-usulnya dengan Resi Agastya dan Parasurama. Agastya adalah nama besar dalam Ayurveda - sistem medis utama India.

Referensi tertua untuk seni bela diri ini ditemukan dalam Rigveda dan Atharvaveda. Dalam Rigveda disebutkan bahwa Batara Indra mengalahkan raksasa Vritasura menggunakan salah satu teknik totokan marmam dari Kalari. Marmam adalah titik-titik syaraf totokan dalam tubuh manusia dan praktisi berpengalaman dapat menonaktifkan atau membunuh lawan-lawan mereka dengan sentuhan belaka pada marmam lawan. Teknik ini diajarkan hanya untuk orang-orang yang berbakat dan tingkat advanced untuk mencegah penyalahgunaannya.

Bagaimana timbulnya seni bela diri lainnya dari Kalaripayattu? Kalaripayattu menyebar dari India ke Tibet dan China. Menurut cerita tradisionil kungfu Shaolin diperkenalkan oleh biksu India dan pendiri Zen Buddhisme Bodhidharma (450-523 AD). Jadi kungfu Shaolin mulai pada abad ke 5 sedangkan Kalaripayattu sudah berusia 3.000 tahun. Dari sana menyebar ke Jepang, Korea, Vietnam dst.(kaskus)

No comments:

Powered by Blogger.