Header Ads

Kisah-kisah Unik Di Balik Lagu-Lagu Terkenal


PopTopik.com - Setiap lagu pasti memiliki cerita di dalam nya, entah itu tentang cinta persahabatan atau bahkan tentang pembunuhan. Dari “Baby one more time” nya Britney spears sampai “born un the USA” milik Bruce springsteen’s, inilah beberapa kisah unik di balik lagu lagu terkenal.

1. Justin Timberlake’s “Rock Your Body” 

“Rock Your Body” menjadi hits amerika setelah dinyanyikan oleh Justin Timberlake. Lagu ciptaan Pharell tersebut sebenarnya di tulis untuk album terakhir King of Pop Michael Jackson “Invincible”, sayang nya lagu tersebut di tolak mentah mentah oleh management MJ. Lagu ini merupakan salah satu factor album Justified laris manis dengan 3.5 juta copy terjual hanya di USA.

2. Aerosmith’s “I Don’t Want To Miss A Thing” 

“I don’t want miss a thing” milik band lawas Aerosmith mungkin akan bernuansa pop bila dinyanyikan oleh Celine dion.
Pada Tahun 1998, Aerosmith di tunuk untuk membuat sountrack film Armageddon yang kebetulan anak perempuan Steve Tyler ,liv tyler bermain di film tersebut. Sayang nya waktu yang mepet dan krisis ide, Aerosmith memutuskan memilih lagu ciptaan Diane Warren yang sebenarnya ditulis untuk Celine Dion.
Lagu ini bercokol di nomor 1 Billboards chart dan mendapatkan nominasi piala Oscar.

3. Nirvana’s “Smells Like Teen Spirit” 

Suatu hari Katherine Hanna, pentolan band Bikini kills mabuk berat bersama kurt cobain. Malam itu Katherine menulis di dinding apartement cobain “kurt smells like teen spirit”. 6 bulan kemudian cobain memberitahu Katherine lewat telepon bahwa tulisan di dinding akan di buat sebagai judul lagu. Mungkin cobain ga "ngeh" kalo teen spirit itu adalah sebuah merek deodorant untuk remaja wanita.
Lagu tersebut termasuk dalam album”Nevermind” yang terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

4. Pearl Jam’s “Jeremy” 

Lagu ini bercerita tentang penembakan yang terjadi di sekolah. Menurut Jeff Ament sang bassist di video documentary pearl jam, lyric “Jeremy” diambil dari artikel dalam satu Koran tentang pembunuhan Jeremy Wade Delle remaja yang bunuh diri di depan gurunya sendiri. Lagu ini termasuk dalam album “ten” yang terjual lebih dari 10 juta kopi.

5. Joan Jett’s “I Love Rock ‘N Roll” 

I Love rock and roll begitu terkenal samapi memuncaki billboard charts dan juga masuk sebagai 1 dari 500 lagu terbaik versi majalah Rolling Stones, bahkan lagu ini sempat di cover oleh Britney spears dan Miley cyrus. 
Tahukah anda bahwa joan jett sendiri pun hanya mengcover lagu tersebut dari band asal inggris “Arrow”.

6. Sarah McLachlan’s “Angel” 

Salah satu hits terbaik dari sarah, bahkan lagu ini di gunakan untuk salah satu organisasi bernama ASPCA untuk mengumpulkan dana yang konon mencapai 30 juta dollar.
Lagu yang menenagkan hati namun memiliki arti yang “gelap”. “angel” ternyata bercerita tentang keyboardist Smasing pumpkins yang meninggal karena overdosis heroin pada tahun 1996. 

7. Bruce Springsteen’s “Born In The U.S.A.” 

Don’t judge a song by its title, mungkin ini pepatah yang cocok untuk “born in the USA” , terlihat sangat patriotis bila kita melihat dari judul lagu yang di ciptakan oleh Bruce Springsteen bahkan album ini Terjual lebih dri 15 juta kopi. Ternyata lagu ini bercerita tentang kekesalan springsteen pada negaranya sendiri USA pada perang Vietnam
“You think about all the young men and women that died in Vietnam, and how many died since they’ve been back,” Springsteen told Rolling Stone. “You have to think that, at the time, the country took advantage of their selflessness.”

8. Kelly Clarkson’s “Since U Been Gone

Lagu ini sebenarnya di tolak oleh Pink, dan hampir saja menjadi milik Hillary duff namun tetap di tolak Hillary Kata penulis lirik Max martin dan Dr. Luke. Akhirnya Max memberikan lagu tersebut kepada Kelly Clarkson yang belum dikenalnya dekat, karena Kelly tinggal di swedia dan belum terkenal pada saat itu.
Lagu tersebut telah di download lebih dari 2.6 juta kali dan membuktikan Kelly sebagai pop stars.

9. Guns N’ Roses’s “Sweet Child o’ Mine” 

Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja bagi axl rose untuk menulis lirik “Sweet Child O Mine” dan menjadi hits Gun and roses yang bercokol di posisi pertama charts dunia dan bertahan selama 24 minggu saat itu.

10. Bob Marley’s “I Shot The Sheriff” 

Lagu ini bercerita tentang birth control (Keluarga berencana). Bob sangat tidak setuju dengan dokter yang memberikan pil KB kepada pacarnya. Karena bob berfikir adalah suatu pelanggaran yang sangat berat untuk menghambat / bahkan membunuh benih2 yang suatu saat akan menjadi manusia.
Singkat cerita si dokter pada saat itu diangkat menjadi Sherif. Lagu ini membantu menjual album marley lebih dari 10 juta kopi.

Sheriff John Brown always hated me,
For what, I don't know:
Every time I plant a seed,
He said kill it before it grow

11. The Police’s romantic “Every Breath You Take” 

Lagu romantis yang dinyanyikan Sting ternyata tidak se romantic makna di dalam nya. Bila di telusuri liriknya lebih jauh, lirik nya bercerita tentang seorang pria yang sangat possessive kepada wanita yang di cintai nya. Sting sempat berkomentar pada saat di wawancara oleh BBC “I think the song is very, very sinister,”
Lagu ini sangat menguntungkan bagi STING, bagaimana tidak, mereka menerima setidaknya $730.000 tiap tahun untuk royalty.

12. Britney Spears

Lagu lagu penyanyi pop awal tahun 2000an Britney Spears sebenarnya bisa di bilang “buangan” oleh penyanyi penyanyi lain.
Contohnnya, bagaimana bila Lagu Baby one more time terdengar bila di nyanyikan oleh trio hip hop TLC? Atau Janet Jackson menyanyikan lagu “I am slave for you ? atau kebalikan nya, bagaimana bila lagu umbrella milik Rihanna dan telephone milik lady gaga di nyanyikan oleh Britney spears?
Sementara Janet Jackson dan TLC menolak lagu lagu yang akhirnya dinyanyikan Britney Spears, Britney pun menolak lagu Umbrela milik Rihana dan Telephone. Yah imbang lah.

13. Red Hot Chilli Peppers "Give it Away"

Givrrway….givrway…girvway…naww..
Nuansa funk terasa sangat kental dalam lagu ini. Katanya banyak orang yang mengartikan lagu ini adalah lagu tentang pornografi. Ternyata ada kisah di balik lagu ini. Di tahun 80anKiddies pernah memiliki seorang pacar bernama Hagen,Dan Hagen merupakan wanita yang sangat murah hati (walaupun dulunya pecandu heroin)sampai sampai jaket kesayangan haggen yang di minta kiddies pun diberi oleh hagen. Itulah yang merubah filosofi kiddies
"That stuck with me forever. Every time I'd be thinking 'I have to keep,' I'd remember 'No, you gotta give away instead' ... Every time you empty your vessel of that energy, fresh new energy comes flooding in."

14. Green Day, "Good Riddance (Time Of Your Life)"

Ni lagu biasanya sering jadi closing songs greenday pada saat concert. Awalnya ane berfikir lagu ini tentang perpisahan, kaya masa masa sekolah 
Menurut Mas Billy Joe, Time of your life ini bercerita tentang dirinya yang di putusin pacar yang meninggalkan dia dan memilih utuk tinggal di ekuador. 
"I was trying not to be bitter, but I think it came out a little bitter anyway.

No comments:

Powered by Blogger.