Header Ads

Ternyata Lagu Dapat Mempengaruhi "Mood" Si Kecil


PopTopik.com - Di era kini, anak-anak sudah tak lagi terlihat menikmati lantunan lagu anak-anak. Mereka lebih banyak menguasai lagu-lagu untuk orang dewasa. Malah, tak sedikit anak-anak yang hanya mengetahui lagu-lagu orang dewasa.

Sebenarnya hal ini sangat memprihatinkan. Sebab, pada dasarnya lirik lagu yang diperuntukkan kepada orang dewasa tentunya berbeda dengan anak-anak. Lagu anak-anak biasanya lebih menceritakan mengenai kegiatan anak-anak, sehingga anak-anak di bawah umur, terutama balita dapat menyanyikannya.

"Sebenarnya anak-anak [yang] dapat mengerti arti dari sebuah lagu itu bisa dikatakan ketika mereka duduk di bangku kelas 3 SD atau diatasnya. Sementara usia dibawahnya tergolong belum mengerti apa arti dari lagu yang biasa mereka nikmati," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog kepada Kompas.com, saat ditemui dibilangan Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2016).

Anak-anak yang usianya masih delapan tahun kebawah, biasanya suka mendengarkan lagu karena sudah sering mendengar dan alunan musiknya yang enak didengar.

Nana menambahkan, anak-anak mengetahui lagu orang dewasa ini tentunya dari orang-orang yang berada disekitar mereka. Karena terbiasa mendengar, seperti halnya orangtua sering memutar lagu kesukaan mereka, otomatis anak pun ikut mendengarkan dan menikmatinya. Walaupun, terkadang anak-anak tidak paham akan makna lagu itu sendiri.

Selain karena orangtua yang biasa memutar lagu-lagu yang mereka suka didepan sang anak, ini juga disebabkan karena kurangnya lagu khusus untuk anak-anak di Indonesia sendiri. Itu sebabnya mereka lebih terbiasa untuk menikmati lagu orang dewasa.

Namun, Nana mengakui bahwa mendengarkan lagu ini juga ada positifnya untuk anak. Walaupun lagu tersebut merupakan lagu orang dewasa, tapi ada manfaatnya untuk anak-anak. Seperti halnya anak-anak menjadi mengenal berbagai aliran musik, kemudian familiar dengan alat-alat musik, apalagi jika anak tersebut kritis, sehingga selalu ingin tahu.

Selain itu, dengan menikmati lagu, anak-anak bisa memiliki mood yang baik. Mereka akan merasa lebih happy ketika mendengarkan lagu. Bahkan mereka bisa bergoyang, sehingga motoriknya terus bergerak. (kompas)

No comments:

Powered by Blogger.