Header Ads

Ingin Tidur Nyenyak, Hindari 5 Makanan Ini Sebelum Tidur

Dua jam sebelum tidur adalah waktu ideal untuk kita mengonsumsi makanan. Ini karena tubuh perlu waktu untuk mencerna makanan terlebih dahulu.


Namun, setelah makan malam biasanya kita masih tetap ngemil beberapa saat sebelum tidur. "Biasanya, orang ngemil di malam hari bukan karena rasa lapar, tetapi karena bosan," ujar seorang ahli gizi dari Seatte Sutton's Healthy Eating, Rene Ficek seperti dikutip dari Foxnews.com.

Pada umumnya, kopi paling dihindari di malam hari karena takut mata tetap terjaga sampai tengah malam. Padahal, ada banyak makanan lain yang secara tidak sadar bisa mengganggu tidur jika dikonsumsi sebelum tidur.

Makanan itu bukan hanya menyebabkan Anda sulit tidur, tetapi juga bisa mendorong kenaikan berat badan. Berikut lima makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur.

1. Sereal kemasan

Sereal kemasan umumnya dikonsumsi saat sarapan. Tetapi, ada juga orang yang mengonsumsinya pada malam hari ketika merasa lapar atau sekedar dijadikan camilan sebelum tidur.

Makanan ini sebaiknya dihindari karena sereal mengandung banyak gula dan karbohidrat. Sereal bisa meningkatkan kadar gula darah, padahal tubuh Anda tidak sedang bergerak aktif saat tidur. Konsumsi makanan tinggi gula sebelum tidur tentu menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Burger

Makan burger berisi daging merah bukan saat yang tepat dilakukan sebelum tidur. Burger biasanya mengandung lemak tinggi sehingga dapat memicu sakit maag. Hindari makan burger sebelum tidur jika Anda tak ingin merasa nyeri di dada hingga bolak-balik ke kamar mandi karena sakit perut.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung kafein seperti halnya kopi. Dari satu ons cokelat terkandung sekitar 12 miligram kafein. Jika Anda tak mau menenggak secangkir kopi sebelum tidur, begitu pula dengan cokelat hitam karena efeknya sama saja.

4. Es krim

Makan es krim di malam hari bisa mengganjal perut yang masih terasa lapar. Namun, sebaiknya hindari makan es krim sebelum tidur karena es krim juga mengandung gula tinggi. Jika Anda langsung tidur, tubuh mungkin tak punya cukup waktu untuk mencerna kandungan gula dalam tubuh.

5. Makanan pedas

Camilan pedas seperti keripik memang nikmat bagi penyuka makanan pedas. Tetapi, terlalu banyak konsumsi camilan pedas sebelum tidur bisa membuat perut terasa panas. Waktu tidur bisa terganggu karena merasa gelisah dan mengalami gangguan pencernaan.

No comments:

Powered by Blogger.