Header Ads

MotoGP Berduka, Ini Kronologis Kecelakaan Maut Luis Salom di Catalunya Dan Penyebab Kematiannya


PopTopik.com - Kabar duka datang dari sesi latihan bebas kedua jelang grand prix Spanyol di Sirkuit Catalunya, Jumat (3/6/2016). Pembalap Moto2, Luis Salom meninggal dunia usai terlibat kecelakaan tunggal di tikungan ke-12. 

Dikutip situs resmi MotoGP,  insiden terjadi pada sesi latihan bebas kedua Moto2 di GP Catalunya, bendera merah dikibarkan saat 25 menit tersisa. Ketika pembalap Tim SAG, Luis Salom terjatuh di tikungan 12. 

Dua mobil medis dan dua ambulans langsung merapat ke tempat kejadian untuk memberikan pertolongan pertama pada pembalap 24 tahun itu. Helikopter medis juga dikerahkan dan langsung membawanya ke rumah sakit General de Catalunya. 

Sesaat setelah tiba di rumah sakit, Salom langsung dibawa ke ruang gawat darurat. Dia menjalani operasi namun setelah upaya terbaik dilakukan tim dokter, nyawa Salom tidak tertolong dan meninggal pada pukul 16.55 waktu setempat. 

Salom membuat debut di ajang grand prix, ketika tampil di kelas 125cc di Sirkuit Jerez, Spanyol, 2009. Selama berkarier, dia sudah mencetak 25 podium, termasuk sembilan kemenangan. 

Adapun, pembalap GP yang tewas di lintasan sebelum Salom adalah Marco Simoncelli yang kecelakaan di GP Malaysia, Sirkuit Sepang, 23 Oktober 2011. 

Kronologis Kecelakaan Maut Luis Salom di Catalunya

Dihimpun dari berbagai sumber, Salom merupakan pembalap muda yang punya talenta besar di lintasan Moto2. Lahir di Palma de Mallorca pada tanggal 7 Agustus 1991, dia harus mengakhiri kariernya di lintasan balap. 

Seperti dilansir dalam rekaman video kecelakaan Salom yang diunggah Marca, kecelakaan bermula ketika pembalap Spanyol 24 tahun memasuki tikungan ke-12. Tetapi, motor yang dikemudikannya tampak tidak mampu diajak bermanuver. 

Setelah itu terlihat motor joki dari Tim SAG-Kalex tersebut malah nyelonong dengan kecepatan tinggi. Lantas menghantam dinding pengaman tikungan 12 di Sirkuit Catalunya. 

Sebetulnya, Luis Salom telah melepas motornya yang tak mampu dikendalikan di tikungan. Sayangnya, Salom meluncur tepat ke arah motor sehingga tubuhnya menghantam motornya sendiri. 

Penyebab Kematian Luis Salom: Benturan Kepala ke Tangki Motor di Kecepatan 120km/jam


Penyebab kematian Luis Salom di sesi latihan bebas jelang grand prix Catalunya, Jumat (3/6/2016) lalu mulai terungkap. Surat kabar Marca menyebut kepala Salom membentur tangki motornya sendiri.

Kecelakaan Luis Salom terjadi tepatnya di tikungan ke-12 Sirkuit Catalunya, Barcelona. Pembalap 24 tahun itu sempat melepas motornya untuk menghindari kecepatan meluncur motor, namun sial bagi Salom, kepalanya justru membentur tangki motornya sendiri. 

Hal itu terungkap dari laporan yang dimuat Marca pada Sabtu (4/6/2016). Surat kabar asal Spanyol itu juga menyebut benturan kepala Salom terjadi dalam kecepatan 120-150km/jam. 

Insiden itu membuat sesi latihan sempat dihentikan. Salom mendapat pertolongan pertama oleh tim medis, namun nyawanya tidak tertolong saat dibawa ke Rumah Sakit di Catalunya. 

Menurut catatan, Salom merupakan korban tewas pertama di Sirkuit Catalunya. Dia menjadi pembalap sepeda motor ke-103 yang tewas sepanjang sejarah grand prix, sekaligus yang pertama dalam lima tahun terakhir. 

Kematian pembalap di lintasan balap grand prix sepeda motor, terakhir kali dialami Marco Simoncelli di Sirkuit Sepang, Malaysia pada musim 2011. (sindonews)

No comments:

Powered by Blogger.