Header Ads

Penjelasan Mengapa Anda Tidak Sepopuler Teman Anda


PopTopik.com - Pernakah Anda bertanya, mengapa orang-orang di sekitar Anda lebih populer daripada Anda? Ternyata, ini bukan sekadar imajinasi Anda.

Para sosiologis sudah lama menyadari adanya fenomena aneh bernama “paradoks pertemanan”. Dalam fenomena ini, seseorang biasanya memiliki lebih sedikit teman daripada teman mereka.

Sebuah studi yang baru saja dipublikasikan dalam jurnal PLOS One menkonfirmasi fenomena ini. Dengan menganalisa 23,8 juta pengguna Twitter, kedua peneliti menemukan bahwa orang-orang yang Anda ikuti di Twitter biasanya memiliki lebih banyak pengikut daripada Anda.

Lalu, walaupun di antara orang-orang yang paling populer di Twitter sekalipun, penemuan ini masih terbukti benar.

Apakah Anda heran mengapa demikian?

Rupanya, ada penjelasan matematis mengenai fenomena ini. Orang yang mempunyai banyak teman memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi teman Anda daripada orang yang memiliki sedikit teman.

Prinsip yang sama juga dapat diaplikasikan dalam berbagai hal, misalnya gym.

Kemungkinan besar, orang-orang yang Anda lihat di gym lebih berotot atau langsing atau bugar daripada Anda. Sebab, orang-orang tersebut lebih sering berada dan berolahraga di gym,sehingga kemungkinan Anda melihat mereka menjadi lebih besar.

Jadi, berdasarkan penelitian tersebut, Anda akan lebih mungkin berteman dengan orang yang memiliki lebih banyak teman daripada Anda. (kompas)

No comments:

Powered by Blogger.