Header Ads

Rentenir Di China Minta Foto Syur Mahasiswi Sebagai Jaminan

 

PopTopik.com - Sebuah cara tak biasa digunakan kelompok rentenir online di China guna jaminan peminjaman uang kepada kliennya, khususnya wanita. Mereka meminta sejumlah foto syur dari peminjaman yang rata-rata adalah mahasiswi dengan masalah ekonomi.

Awal pekan ini, muncul pamflet di dunia maya mengabarkan rentenir swasta menawarkan pinjama uang cukup pakai jaminan foto syur mahasiswi beserta identitas mereka.

Menurut rentenir, hal ini lebih efektif ketimbang jaminan lain secara umum. Mereka bisa langsung menyebar foto syur tersebut jika klien telat mengembalikan pinjamannya.

Dikutip dari laman ABC News, Rabu (15/6), seorang mahasiswi mengaku telah meminjam uang dari kelompok rentenir online ini. Awalnya, dia meminjam 500 yuan (Rp 1 juta) dengan bunga perminggunya adalah 30 persen.

Dikarenakan masih belum bisa membayar, dia terus meminjam hingga utangnya menjadi 55 ribu yuan. Kendati total utangnya tersebut, rentenir online ini lalu meminta foto syurnya sebagai jaminan bila dia ingin meminjam uang lagi.

Lebih jauh, diketahui banyak mahasiswi di China yang terjebak permainan rentenir online, namun mereka memilih bungkam. Wartawan koran terkait coba menelusuri kebenaran praktik ini dan ditemukan bukti kuat. Rentenir online ini bermain dari situs grup chat di ponsel pintar, berlanjut kepada meminta info data diri tiap peminjam.

Sejak praktik in terangkat ke publik praktik rentenir online mendadak berhenti.(merdeka)

No comments:

Powered by Blogger.