Header Ads

PSSI Resmikan Nama 'Gojek Traveloka Liga 1'


PopTopik.com - PSSI resmi menetapkan Gojek Traveloka Liga 1 sebagai tajuk kompetisi sepak bola Indonesia 2017. Sementara kick-off dijadwalkan bergulir pada 15 April mendatang.

Kepastian tersebut diumumkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlinton Siahaan, usai rapat manajer klub di Markas Komando Strategis Angkat Darat (Makostrad), Jakarta, Rabu (29/3).

Berlinton sendiri tidak mau menyebut berapa dana yang dikeluarkan Gojek maupun Traveloka untuk menjadi sponsor utama kompetisi Liga 1. Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

"Gojek saat ini paling atas (nominal untuk jadi sponsor). Jangan mengecilkan Gojek. Jangan tanya nilainya. Kebutuhan di Liga 1 itu masing-masing Rp7,5 miliar dikali 18 klub," ucap Edy.

Merujuk pernyataan Edy di atas, maka total pengeluaran minimum yang dikeluarkan Gojek dan Traveloka mencapai Rp135 miliar.

"Setiap klub akan diberikan subsidi dana sebesar Rp7,5 miliar untuk satu musim. Pertandingan akan dilakukan home-away dari 18 klub peserta. Mulai dari Padang sampao Serui. Ini perjalanan yang cukup panjang," jelas Edy.

"TVOne bakal menjadi pemilik hak siar. Pertandingan pertama akan digelar pukul 18.30 sesuai permintaan TVOne," imbuhnya.

Lanjut Edy, subsidi itu nantinya masih bisa bertambah dari hak komersial di televisi plus peringkat masing-masing peserta. Jumlahnya disebut bisa mencapai Rp17 miliar.

Pengeluaran klub-klub peserta sendiri juga dibatasi hanya Rp15 miliar selama satu musim. Itu termasuk untuk membayar gaji dua pemain asing, satu pemain Asia dan marquee player yang tetap diberlakukan.

Dua pekan jelang kompetisi, Edy juga memastikan legalitas 18 klub peserta. Bahkan, Edy menyebut sejak awal sudah melakukan verifikasi terhadap klub-klub tersebut.

"Sudah dari awal kami urus. Klub-klub ini kan bukan baru lahir. Mereka sudah profesional dan klub sudah siap bertanding dan jelas dong dia legal," ungkapnya.

Sumber : CNN Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.