Header Ads

Ketua KPU DKI Akui Bertemu Al Khaththath sebelum Aksi 313


PopTopik.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno membenarkan isu soal pertemuan dirinya dengan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islan (FUI) Muhammad Al Khaththath.

Kabar itu disebarluaskan salah satunya oleh akun twitter @ulinyusron pada hari ini. Menanggapi kabar tersebut, Sumarno mengatakan dirinya pernah bertemu dengan Al Khaththath pada 28 Maret lalu atau tiga hari sebelum Aksi 313.

"Dia sudah menghubungi dan minta berkunjung hari Senin. Saya full banget agenda. Kata saya Selasa aja. Lalu mereka berkunjung Selasa," kata Sumarno di Kantor KPU DKI, Selasa (4/4).

Tanggal 28 Maret juga bertepatan dengan hari libur nasional merayakan Hari Raya Nyepi. Sumarno menyebut dirinya tetap bertemu dengan Al Khaththath karena KPU DKI tidak mengenal hari libur dan selalu terbuka untuk menerima seluruh masyarakat yang ingin datang ke KPU DKI.

Pertemuan itu berlangsung empat mata. Sebab, kata Sumarno, komisioner lain memiliki agenda masing-masing. Namun Sumarno menegaskan pertemuan dirinya dengan Al-Khaththath tidak memiliki kaitan dengan pasangan calon manapun. 

"Istilahnya gini, pintu KPU terbuka untuk siapa pun, baik lembaga, pokoknya kelompok-kelompok masyarakat. Siapa pun, kami terima sepanjang mereka hanya menyampaikan hal-hal aspirasi mereka," ujarnya.

Menurut Sumarno, dalam pertemuan tersebut Al-Khaththath hanya menanyakan soal ketentuan pemilih untuk putaran kedua, termasuk soal DPT.

Sumarno mengatakan Al-Khaththath juga pernah hadir di Hotel Bidakara pada acara sosialisasi Pilkada putaran pertama. Tak hanya itu, Sumarno menyebut dalam acara tersebut juga dihadiri oleh berbagai kelompok masyarakat.

Kedatangan Al-Khaththath yang belakangan diduga sebagai sebagai pendukung Anies-Sandi, menurut Sumarno, tidak mengindikasikan bahwa dirinya merupakan pendukung paslon nomor tiga.

"Teman Ahok datang bukan berarti saya pro Ahok. Pendukung AHY juga pernah datang juga, apa iya saya langsung AHY" kata Sumarno.

Sementara itu, di akun twitternya, @ulinyusron mempertanyakan alasan Sumarno bertemu dengan Al-Khaththtath tanpa didampingi oleh komsioner KPU DKI yang lain. 

@ulinyusron juga mempertanyakan mengapa pertemuan dilakukan pada saat hari libur Nyepi. Padahal, jika pertemuan tersebut resmi seharusnya dilakukan saat hari kerja.

Al Khaththath adalah Sekjen FUI yang juga menjadi koordinator Aksi 313. Polisi menangkap Al Khaththath beberapa jam sebelum aksi atas dugaan ingin melakukan makar.

Sumber : CNN Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.