Header Ads

Pahami 4 Cara Ini, Agar Sista Gak Dipandang Remeh di Tempat Kerja

Indonesia merayakan hari Kartini, sebagai bentuk perjuangan terhadap emansipasi wanita. Menjadi wanita memang tidak mudah, meski telah memasuki era modern, kerap kali wanita mendapat diskriminasi karena gender. Kali ini CEO dari Ruder Finn, Kathy Bloomgarden ingin berbagi tips untuk para wanita agar dianggap serius dan penting dalam karir ataupun kepemimpinan, berdasarkan artikel yang dikutip dari weforum.org.

Dalam dunia pekerjaan, di ruang yang penuh dengan pria, kadang sulit untuk wanita bisa didengar. Mungkin Sista pernah mengalami, dalam sebuah forum diskusi dengan banyak rekan kerja pria, kadang pendapat sista tak memiliki kekuatan untuk didengarkan. Menurut Kathy, semakin tinggi level kelompok di mana Sista berada, semakin sulit Sista didengar. Ya tentu ada beberapa pengecualian. Meskipun sekarang jaman sudah berubah dan kesempatan untuk didengar sudh semakin besar untuk wanita, tapi wanita di posisi senior pada titik tertentu akan menghadapi tantangan sebagai satu-satunya suara perempuan di forum berisi laki-laki. Hal ini bisa dirasa sebagai bentuk intimidasi bagi beberapa orang. Tapi ada beberapa strategi untuk membantu Sista mengarahkan situasi ini agar suara Sista bisa didengar, dan pengalaman yang sista punya bisa memberikan dampak sebagaimana mestinya.

1.  Suara Kamu Penting. Jadi, Bicaralah dengan Otoritas


Penting banget untuk diingat, bahwa alasan Sista berada di forum tersebut adalah karena Sista memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Bicaralah sesuai dengan otoritas dan area yang Sista kuasai dan berikan kontribusi nyata terhadap tantangan yang ada. Meski itu tak cukup, bertaruh aja Sis. Melangkahlah dengan pasti, dan pandu dialog yang ada.

2. Jika Tak Ada yang Mendukung Sista, Berusahalah Dua Kali Lipat!

Kadang ada kalanya Sista gak punya mentor dan harus melakukannya sendiri. Gak ada orang yang mem-back up Sista di saat sulit berarti mengharuskan Sista untuk berjuang untuk diri sendiri. Saat Sista merasa kecewa karena tak ada seorang pun mendukung, di situlah Sista harus bangkit dan berusaha lebih keras lagi menghadapi tantangan yang ada.

3. Menonjol dari yang Lain dengan Apa yang Membuat Kamu adalah 'Kamu'

Ada istilah 'Clothes make the man". Tapi kalau di masa sekarang, bukan baju yang membentuk manusia, tapi kualitas spesial, pengetahuan unik, dan jaringan luas yang membuat Sista bisa menonjol. Sista bisa mengidentifikasi apa yang membuat Sista berbeda, keahlian spesial yang tak dimiliki orang lain, dan jadikan itu sebuah latar belakang untuk memberikan ide-ide baru yang tak terpikir oleh orang lain, wanita ataupun pria. Memelihara keterampilan unik Sista akan memperkuat karakter, kepribadian, dan apa yang istimewa dari sudut pandang Sista.

4. Jika Semuanya Gagal, Buatlah Jalan mu Sendiri Sis!

Kalau kondisi yang Sista hadapi tidak ramah bagi wanita, bahkan meskipun Sista sudah melakukan semuanya dengan benar, mungkin sudah saatnya move on Sis!. Kita hidup di era di mana pasar terus berubah dengan cepat, model bisnis sudah bertransformasi, dan banyak kesempatan di luar sana. Kalau Sista belum menemukan jalan di lingkungan yang sekarang, temukan jalanmu sendiri Sis! Temukan tempat baru yang tepat untuk kamu.(kaskus)

No comments:

Powered by Blogger.