Header Ads

Ternyata Bulan Purnama Membuat Kita Gelisah Dan Susah Tidur, Berikut 5 Fakta Pengaruh Bulan Purnama Terhadap Prilaku Manusia


Pernah nonton film tentang Warewolf kan? Manusia yang berubah jadi serigala pas bulan purnama terjadi. Tapi gausah khawatir cuy, itu sih fix mitos kok. Gak pernah ada bukti yang bilang kalo Warewolf itu nyata.
Tapi, ada 5 hal yang yang terjadi pada prilaku manusia yang disebabkan oleh terjadinya bulan purnama. Beberapa diantaranya mitos dan beberapa diantaranya nyata. Kira-kira apa aja ya?

1. Kegelisahan massal

Setiap purnama terjadi, sebagian manusia akan merasa kegelisahan yang membuat mereka kesultan tidur. Sebuah penelitian mencatat saat purnama terjadi, wanita akan merasa gelisah dan gak bisa tidur selama 25 menit. Nah! Kalo pria lama nih, mereka bisa tidur selama 50 menit.

Sudah turun temurun beredar cerita-cerita mistis tentang bulan purnama. Mungkin pas kecil, orang tua kalian pernah ngasih tau cerita serem soal bulan purnama, yang bikin kalian inget sampe sekarang? Mungkin ini yang bikin banyak orang gelisah, soalnya masih keinget cerita-cerita serem pas purnama. Jadinya, gak bisa tidur deh karena ketakutan.

Menurut kalian ini mitos apa fakta?


2. Mempengaruhi siklus datang bulan

Saat bulan purnama, siklus datang bulan jadi kacau? Hmm, kalo yang ini sih masih kontroversial kok. Soalnya, belom terbukti adanya pengaruh bulan purnama sama siklus datang bulan.

Cuma pernah sih ada seorang peneliti bernama Winnifred B. Cutler yang melakukan penelitian pada tahun 1980. Dia menunujukan 40 persen dari respondenya, mengalami gangguan siklus datag bulan pada saat purnama terjadi, yakni selama 2 minggu.

Tapi temuan ini banyak di tentang dan diperdebatkan di dunia. Hasil dari penelitian ini sangat diragukan. Berarti kalo yang ini fix mitos ya?

3. Mempengaruhi mood

Hmm pernah gak kalian sadar kalo pas purnama, mood kalian tiba-tiba suka berubah drastis gitu? Ada sebuah hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Affective Disorders, mengatakan bahwa ada pengaruh yang terjadi antara bulan purnama dan suasana hati seseorang.

Perubahan suasana hati yang terjadi menyebabkan mereka kesulitan tidur saat purnama terjadi. Wahh, kenapa bisa gitu ya? Ada apa dengan purnama dan perasaan ya,...


4. Indera pendengaran lebih peka

Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa pendengaran manusia akan menjadi lebih tajam saat purnama terjadi. Hal ini dipengaruhi oleh kegelisahaan yag dialami manusia. Kegelisahaan membuat mereka menjadi sensitif dengan suara.

Mungkin karena paranoid, alias ketakutan kali ya mangkanya jadi peka sama suara. Kalo pas bulan purnama terus malem-malem di kamar, denger suara dikit langsung melotot merinding deh kalian pasti. Jadi ini mitos apa fakta ya?…


5. Nasib buruk menimpa

Bulan purnama sering dikaitkan sama kejadian negatif dan berbau mistis. Sehingga, banyak yang menganggap kalo pas purnama terjadi, bakalan ada kesialan yang menimpa.

Namun, seorang ilmuwan dari Universitas California bernama Dr. Jean-Luc Margot membuktikan bahwa tidak ada hubungan antara bulan purnama dan nasib buruk yang terjadi. Semua hanya persepsi manusia yang terjadi karena kepercayaan turun temurun dari nenek moyang.

Oke kalo ini sih fix mitos yaa, gausah parno deh kalo purnama. Gak ada sama sekali hubungannya sama nasib buruk kok, kalo emang apes ya apes aja gausah nunggu purnama kan.

No comments:

Powered by Blogger.